Pesona Indonesia : Danau Rawa Biru, Merauke, Papua

Namanya Kampung Rawa Biru. Ia terletak di Taman Nasional Wasur, Merauke. Di kampung ini, ada danau yang dikenal dengan Rawa Biru. Seja...

Namanya Kampung Rawa Biru. Ia terletak di Taman Nasional Wasur, Merauke. Di kampung ini, ada danau yang dikenal dengan Rawa Biru. Sejak dulu, air rawa ini menjadi sumber air bersih bagi warga Merauke. Pemandangan alam indah. Kehidupan warga kampung masih bergantung alam.
Kala kemarau, ke Kampung Rawa Biru dari Kota Merauke, bisa pakai kendaraan roda empat atau sepeda motor sekitar 1,5 jam. Kala penghujan, jalan becek dan tergenang air, hingga hanya bisa sepeda motor.
Menuju ke sana bisa dua cara, lewat Jl. Trans Papua langsung ke Kampung Rawa Biru. Atau melalui Kampung Yanggandur, barulah Kampung Rawa Biru.
Kala memasuki wilayah ini, tampak pohon-pohon bus menghijau diiringi nyanyian kakatua jambul kuning dan nuri. Sebelum itu, melapor diri lebih dahulu ke Pos TNI bila dari Merauke. Lalu petugas pos mengarahkan jalan ke kampung.
Sepanjang jalan tampak bomi, ‘candi,’ yang dibangun sejenis rayap dalam bahasa lokal disebut musamus. Ukuran hewan ini kecil, berbadan lebar. Terlihat warga Suku Marind sub Suku Kanume memanfaatkan hutan dan rawa dengan tetap menjaga kelestarian dari tempat berburu sampai obat-obatan. Sumber air Rawa Birupun terjaga.
Satwa buruan seperti rusa, tikus tanah, babi hutan sampai buaya, mereka peroleh dengan cara tradisional, seperti menombak, memarang, atau menjaring.
Tak hanya berburu. Keperluan sehari-hari warga dipenuhi juga dengan menokok sagu, bertanam ubi kayu, keladi atau kombili dan kayu putih. Masyarakat ada usaha penyulingan kayu putih, binaan WWF Indonesia, Yayasan Wasur Lestari serta Dinas Perindustrian Merauke.
Mengunjungi Taman Nasional Wasur disarankan pada bulan September. Traveler akan mendapatkan pemandangan menakjubkan, karena peralihan musim kering dan basah. Pada saat ini burung-burung air datang untuk mencari makan. Danau Rawa Biru pun mulai mengeluarkan bunga unik di sekitar wilayahnya. Ketika Oktober November, rawa akan menjadi lebih kering. Saat itu binatang mulai mencari sumber air dan Danau Rawa Biru menjadi “Tanah Air” karena diramaikan satwa yang haus mencari air.
Untuk mencapai Taman Nasional Wasur, dari Jayapura travelers bisa menggunakan pesawat yang melayani rute ke Merauke. Penerbangan ini memakan waktu 1,5 jam dan ketika di Merauke, kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan mobil atau motor untuk sampai ke lokasi. Perjalanan darat bisa menggunakan jalur trans –Irian (Jayapura-Merauke) selama 30 hingga 60 menit. Karena tidak ada transportasi umum, kamu dapat menyewa mobil dengan dengan tarif antara Rp60 ribu hingga Rp100 ribu per jam. Sementara untuk memasuki Taman Nasional Wasur, travelers harus melapor ke penjaga dan membayar tiket Rp2000 per orang.
(mongabay/pegipegi)
Masukkan script iklan 468x60px
Name

Berita,85,Biografi,4,Cari Tahu,1,Cerita,2,Fiqih Islam,6,Humor,6,Ilmu Umum,4,Info Terkini,21,Kata Mutiara,6,Kesehatan,2,Manhaj,1,Nasehat,1,Pendidikan,5,Pengetahuan Islam,17,Tips-tips,4,Unduh,3,Videos,8,Wisata,23,
ltr
item
M-UBARAK: Pesona Indonesia : Danau Rawa Biru, Merauke, Papua
Pesona Indonesia : Danau Rawa Biru, Merauke, Papua
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3Yxpeu2_nsMkZPsKveTfJgMWCM2_oXGVfnlmybTmN4pNW3sPBKMdjITRCuvGZ0mYWymvwTcLBCTuSg5DKq_B33fubMxXb3s-lY0WRSJy2_yLrsKoFvWNB-5nxf_-nQxCgIg6Uo_LWNSo/s400/IMG_0397.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3Yxpeu2_nsMkZPsKveTfJgMWCM2_oXGVfnlmybTmN4pNW3sPBKMdjITRCuvGZ0mYWymvwTcLBCTuSg5DKq_B33fubMxXb3s-lY0WRSJy2_yLrsKoFvWNB-5nxf_-nQxCgIg6Uo_LWNSo/s72-c/IMG_0397.JPG
M-UBARAK
http://m-ubarak.blogspot.com/2016/09/pesona-indonesia-danau-rawa-biru.html
http://m-ubarak.blogspot.com/
http://m-ubarak.blogspot.com/
http://m-ubarak.blogspot.com/2016/09/pesona-indonesia-danau-rawa-biru.html
true
3572665908079368840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy