Pemerintah Saudi Arabia Terus Komitmen Sebarkan Bahasa Arab

Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terus berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan bahasa Arab di berbagai dunia. U...

Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terus berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan bahasa Arab di berbagai dunia. Upaya tersebut dilakukan sebagai wujud nyata dari pemerintahan yang kini dipimpin oleh Raja Salman bin Abdul Aziz agar umat Islam di seluruh dunia bisa mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa Alquran dan Sunnah Rasulullah Saw.
 
"Inilah yang melatarbelakangi komitmen kerajaan untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa yang mendunia,"ujar Prof. Shalih bin Abdullah Asy-Syatsri di sela-sela seminar "Peran Kerajaan Saudi Arabia dalam Penyebaran Bahasa Arab", di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (29/10/2016).
 
Prof. Shalih mengatakan, saat ini ada 380 juta orang di berbagai belahan dunia Islam yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa percakapan mereka. Selain itu, penggunaan bahasa Arab secara intensif juga dilakukan di beberapa universitas dan lembaga pendidikan lainnya yang didirikan dan mendapat dukungan pemerintah Saudi, seperti di Eropa, Amerika, bahkan di Jepang. 
 
"Usaha yang paling menonjol adalah mendirikan lembaga-lembaga bahasa Arab yang ditujukan untuk penutur non Arab,"tambah Prof. Shalih.
 
Di dalam negeri sendiri, komitmen pemerintah Saudi Arabia dibuktikan dengan mendirikan Pusat Internasional Abdullah bin Abdul Aziz untuk Pelayanan Bahasa Arab. Pemerintah juga mengundang para mahasiswa dari berbagai dunia untuk belajar bahasa Arab di kampus-kampus yang ada di negaranya. Sedangkan di luar negeri, pemerintah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, menyelenggarakan daurah-daurah bahasa Arab, dan memberikan donasi bagi lembaga-lembaga non pemerintah yang menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab.
 
"Di Indonesia didirikan LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) sebagai lembaga pendidikan yang sangat berpengaruh. Bahkan ada juga Ma'had Ar-Rayah di Sukabumi, dimana dalam tiga bulan, mereka yang belajar di sana bisa berbahasa Arab,"kata Prof.Shalih.
 
LIPIA yang didirikan sejak tahun 1980 di Jakarta saat ini berusaha mengembankan keberadaannya di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Makasar, dan Medan. Lembaga ini telah melahirkan para dai dan ulama yang juga mempunyai perhatian penting terhadap bahasa Arab.
 
Selain mendirikan lembaga pendidikan di berbagai dunia, pemerintah Saudi Arabia juga menerbitkan dan menyebarkan buku-buku panduan untuk mempelajari bahasa Arab, seperti; Al-Arabiyah li An-Nasyiin, Al-Arabiyah li Al-Hayah, Al-Arabiyah baina Yadaik, Silsilah li At-Ta'lim Lughah Al-Arabiyah, dan Uhibbu Al-Arabiyah. Semua buku-buku tersebut dikemas dengan praktis dan menarik, dengan bantuan visual atau gambar.
 
Bagi yang ingin tahu tentang seluk beluk bahasa, kebudayaan, dan sejarah kerajaan, silakan mengunjung stand Kedubes Saudi Arabia di arena Indonesia Internasional Book Fair. Acara berlangsung sampai Ahad (2/10) mendatang. (SI)
Masukkan script iklan 468x60px
Name

Berita,85,Biografi,4,Cari Tahu,1,Cerita,2,Fiqih Islam,6,Humor,6,Ilmu Umum,4,Info Terkini,21,Kata Mutiara,6,Kesehatan,2,Manhaj,1,Nasehat,1,Pendidikan,5,Pengetahuan Islam,17,Tips-tips,4,Unduh,3,Videos,8,Wisata,23,
ltr
item
M-UBARAK: Pemerintah Saudi Arabia Terus Komitmen Sebarkan Bahasa Arab
Pemerintah Saudi Arabia Terus Komitmen Sebarkan Bahasa Arab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhalDZ0NOgFV4opYfUrPoKo5KzYF_XDv2UKtVC23NIwcUvnBLt3rcR_x5qSdQgBceSCgdlOaNg6_RPmLICqSwnoMwNkHAXaNLWLqekL1tFp_cL5nU7aA6CX6pfQjC9nOn1CbYh5oIEZWa4/s400/Pemerintah+Saudi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhalDZ0NOgFV4opYfUrPoKo5KzYF_XDv2UKtVC23NIwcUvnBLt3rcR_x5qSdQgBceSCgdlOaNg6_RPmLICqSwnoMwNkHAXaNLWLqekL1tFp_cL5nU7aA6CX6pfQjC9nOn1CbYh5oIEZWa4/s72-c/Pemerintah+Saudi.jpg
M-UBARAK
https://m-ubarak.blogspot.com/2016/10/pemerintah-saudi-arabia-terus-komitmen.html
https://m-ubarak.blogspot.com/
http://m-ubarak.blogspot.com/
http://m-ubarak.blogspot.com/2016/10/pemerintah-saudi-arabia-terus-komitmen.html
true
3572665908079368840
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy